Skip navigation

“Shafa kabab”

Nama kebab berasal dari bahasa Arab: kabab yang awalnya berarti daging goreng, bukan daging panggang/bakar. Kata kabab kemungkinan berasal dari bahasa Akkadia: kabābu yang berarti “bakar, panggang”. Pada abad ke-14, kebab menjadi sinonim dengan tabahajah, hidangan berupa potongan daging goreng dalam bahasa Persia. Dalam buku-buku berbahasa Turki, istilah kebab sering dipakai untuk bola-bola daging yang dibuat dari daging ayam atau daging domba cincang. Istilah kebab baru berarti hidangan daging panggang (shish kebab) sejak zaman Kesultanan Utsmaniyah, namun masih ada istilah lain yang lebih kuno untuk daging panggang, yakni shiwa` asal bahasa Arab. Walaupun demikian, kebab masih dipakai dalam pengertian aslinya dalam berbagai hidangan seperti semur, misalnya tas kebab (kebab dalam mangkuk) dari Turki. Dalam masakan Mesir ada hidangan semur daging sapi dan bawang bombay yang disebut kebab halla.
Daging yang umum dipakai untuk kebab adalah daging domba dan daging sapi, atau kadang-kadang daging kambing, daging ayam, ikan, atau kerang. Kebab daging babi dikenal dalam masakan Armenia, Bulgaria, Siprus, Yunani, dan negara bagian Goa di India.


Sekilas tidak ada yang menarik dari gerobak yang bertempat tepat di samping Bank BRI cabang Empang ini, seperti outlet kebab pada umumnya. Namun setelah maghrib outlet ini cukup ramai dikunjungi, “Shafa kabab” namanya.
Outlet “Shafa kabab” beralamat di jalan Empang Raya dekat dengan pusat perbelanjaan BTM (Bogor Trade Mall), wilayah ini terkenal dengan wilayah bermukimnya warga-warga keturunan timur tengah terbesar di Bogor. Jadi, tentu saja berbeda dengan outlet-outlet kebab yang menjamur di setiap sudut kota-kota besar di Indonesia.

Untuk daftar menu tidak terlalu jauh berbeda dengan outlet-outlet kebab lainnya, seperti kebab ukuran kecil, besar dan libanis, serta roti-roti isi daging biasa (burger). Namun ada satu pilihan menu spesial yang tidak kita temukan di outlet-outlet kebab yang lainnya. Yaitu, kebab super. Kebab dengan ukuran panjang 21,5 cm dan lebar 7 cm ini cukup membuat para konsumen tertarik untuk mencobanya. Dengan harga yang cukup terjangkau pula, jadi bagi anda yang gemar makan “besar”, menu ini bisa menjadi referensi apabila anda kebetulan sedang berada di daerah Kota Bogor.


Kebab super

Waktu operasional dari “Shafa kabab” ini buka pukul 18.30-21.30 WIB setiap hari. Jadi, bagi yang ingin berkunjung untuk mencoba kebab ini bisa datang langsung ke tempat ini. Jika ingin mencicipi kebab super disarankan untuk datang lebih awal, karena untuk menu spesial ini terbatas, tutur Owner dari “Shafa kabab” ini yang juga merupakan warga keturunan timur tengah yang bermukim di wilayah tersebut.

Salah satu pengunjung yang berhasil kami wawancarai bernama Fachrudin menjelaskan, rasa “Shafa kabab” ini berbeda dari outlet-outlet kebab yang lain. Baik dari roti maupun isi dari kebab tersebut. “roti disini empuk, isinya juga banyak. Apalagi kebab supernya. sangat mengenyangkan!” papar Fachrudin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: